Apa yang terbayang oleh anda bila mendengar kata salon? Barangkali nama-nama seperti hairdryer, alat-alat make up, peralatan nail art, perlengkapan perawatan rambut, tempat cuci rambut dan sebagainya akan langsung muncul di pikiran anda sesaat setelah mendengar kata Salon. Ya, sudah bisa diprediksi bahwa salon sangat identik dengan peralatan dan perlengkapan kewanitaan tersebut. Berikut kami berikan tips dan inspirasi desain interior salon modern dan terbaru.

Tips  Menata Ruangan Salon

Desain interior salon yang cantik sama pentingnya dengan kecantikan itu sendiri. Setiap sudut ruangan salon harus tampak menarik. Untuk itu, beberapa hal harus diperhatikan dalam menyusun ruangan salon.

  1. Perencanaan ruangan

Perencanaan ruangan sangat penting dalam memaksimalkan pelayanan. Bila anda ingin mendesain sebuah ruangan salon, maka sedari awal harus dipastikan perencanaannya matang. Anda harus jeli dalam memilah dan memasang sekat-sekat ruangan. Anda harus memisahkan ruangan potong rambut, ruangan perawatan wajah seperti facial, ruang perawatan kuku manicure, pedicure dan ruangan perawatan tubuh seperti pemijatan dan lulur. Pembagian ruangan akan mempermudah untuk melakukan pembagian desain interior dan furnitur salon yang akan digunakan.

interior salon

Ruang untuk Manicure, dan Pedicure

  1. Kreatifitas ruangan

Pemilik salon yang baik adalah mereka yang memiliki kemampuan mengolah desain yang selaras dengan memperhatikan fungsi dari masing-masing ruangan. Desain interior salon harus klop antara fungsi dan tampilannya. Anda juga harus mengatur ventilasi, pencahayaan, dan suhu udara di dalam ruangan.

interior salon

interior salon

  1. Pemilihan warna

Interior salon yang baik adalah yang memiliki warna yang harmonis. Ruangan salon sebaiknya tidak di desain dengan tema tabrak lari. Gunakanlah warna-warna yang saling melengkapi dan cocok dipadankan, serta sesuaikan dengan segmen pasar salon anda apakah segmen anak muda, kelas atas, atau menengah kebawah?

interior salon

interior salon

  1. Tempat penyimpanan

Tempat penyimpanan pada usaha salon sangat penting untuk memastikan barang-barang dan peralatan tetap awet. Untuk itu, anda harus menyediakan lemari yang menggantung di dinding untuk memaksimalkan area vertikal. Upayakan bagian lantai tetap terlihat kosong agar mobilisasi para pelayan dan pelanggan dapat berjalan baik. Pergunakan juga tirai di antara ruangan tunggu, resepsionis dan ruangan pelayanan.

interior salon

  1. Pencahayaan

Ruangan salon harus mengupayakan memberi kesan cerah/terang. Jangan sampai ruangan salon justru terlihat pudar dan gelap. Gunakan lampu yang tidak menyilaukan pandangan pada beberapa bagian. Di setiap sudut ruangan, anda dapat memasang lampu flip flop untuk mempercantik ruangan atau memberi lampu gantung dengan desain yang modern dan disesuaikan dengan segmen pasar konsumen salon anda.

interior salon

interior salon

  1. Instalasi  listrik

Ruangan salon tanpa instalasi listrik sungguh mustahil. Pasalnya, berbagai peralatan salon lebih didominasi oleh peralatan listrik. Oleh karena itu, ketersediaan listrik yang cukup dapat memperlancar usaha salon anda. Anda tidak mungkin melayani orang  dengan daya listrik yang seadanya, yang bila sedang digunakan tiba-tiba listrik padam.

Sekilas Mengenal Peralatan Salon

Bagi anda yang belum pernah ke salon atau justru sedang ingin membuka bisnis salon, maka ada baiknya mengetahui beberapa nama peralatan salon berikut ini.

  1. Peralatan untuk rambut biasa seperti gunting, sisir, dan catokan rambut.
  2. Hairdryer

Peralatan salon kecantikan yang berguna untuk mempercepat pengeringan rambut yang basah. Dalam dunia persalonan, hairdryer sering juga dikenal dengan istilah blowdryer.

  1. Misteamer

Misteamer adalah mesin steam rambut yang mampu mengeluarkan uap panas dan dingin  berion dan ozone. Alat ini berguna untuk memperbaiki sel-sel rambut yang rusak dan meningkatkan efek penyerapan vitamin. Bentuknya seperti kursi yang di atasnya ada bulatan. Untuk menggunakannya, anda harus duduk dan sebagian kepala di masukkan atau ditutup dengan bulatan itu.

  1. Towel Steamer

Towel steamer adalah handuk penghangat yang berbentuk seperti oven.

  1. Vapozone

Vapozone adalah peralatan kecantikan yang berguna untuk mengeluarkan uap yang mengandung bahteri pada wajah. Bentuk alat ini semirip steamer namun tidak punya bulatan.

  1. Galvanic

Galvanic adalah alat kecantikan yang berfungsi sebagai ionisasi. Tujuan alat ini adalah pembuang racun di dalam kulit.

  1. Sterilizer

Sterilizer adalah peralatan salon yang digunakan untuk mensterilkan alat-alat kosmetik.

Nah, sekarang anda sudah tidak awam lagi kan dengan peralatan salon dan desain ruangan salon? Setidaknya, anda sudah dapat membayangkan akan seperti apa bentuk ruangan salon dan peralatan yang dibutuhkan untuk itu. Bagi yang ingin memulai bisnis salon, selamat membuka praktek salon, ya.

Jangan lupa simpan foto-foto kumpulan desain interior salon yang telah kami kumpulkan berikut ini. Jika anda ingin memesan built in furniture salon, kami Rumah Bali Architect & Interior sebagai jasa arsitek, desain interior dan kontraktor interior di Bali dapat membantu mempercantik salon anda. Hubungi kami sekarang juga untuk info lebih lanjut.

interior salon

interior salon

interior salon

interior salon

interior salon

interior salon

interior salon

interior salon

Meja di ruang tunggu salon

interior salon