Halo sahabat InteriorDesignBali.com, mungkin ada sebagian diantara sobat yang berprofesi sebagai Dokter Anak? Pediatri atau Dokter anak adalah profesi yang menyenangkan. Pasalnya, para pasien yang akan ditangani adalah anak-anak. Selalu saja ada hal unik dan menarik yang dapat kita perhatikan dari tingkah laku anak-anak. Anak-anak biasanya tidak terlalu suka pergi ke dokter meskipun tidak sedikit yang bercita-cita menjadi seorang dokter. Bagi anak-anak, yang terbayangkan ketika mendengar nama dokter adalah jarum suntik dan obat-obatan yang pahit. Oleh sebab itu, setiap anak-anak melihat dokter, setiap itu pula mereka mencoba menjauhinya. Berikut kami akan membahas tips desain seputar interior ruang praktek dokter anak.

Desain Ruang Praktek Dokter Anak

Dikarenakan pediatri atau dokter anak punya spesifikasi bidang sendiri maka ruang desain dokter anak pun harus menyesuaikan. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendesain interior klinik anak.

  1. Ruangan haruslah menarik

Untuk memancing rasa suka bagi seorang anak untuk mau datang ke dokter, maka syarat pertamanya adalah tersedianya ruangan yang menarik. Caranya dapat dilakukan dengan membagi ruangan menjadi beberapa kelompok seperti ruangan tunggu, ruangan bermain, dan ruangan tindakan. Meskipun terbagi ke dalam 3 kelompok tersebut, namun prinsipnya harus sama yakni desain ruangan haruslah menyenangkan. Di ruangan tunggu sebaiknya disediakan interior permainan seperti bangku jungkit, bola-bola kecil, mainan, taman bermain dan sebagainya. Di ruang tindakan, sebaiknya tidak memajang gambar suntik dan obat-obatan. Pajangan pada dinding sebaiknya berbentk gambar kartun, boneka ataupun ilustrasi yang menarik.

  1. Ruangan harus akomodatif

Ruangan dokter anak sebaiknya tidak pengap dan sesak. Di ruang tunggu sebaiknya disediakan televisi. Lengkapi juga ruangan praktek dengan AC pendingin. Ruang tindakan sebaiknya tidak berdekatan dengan tempat pembuangan limbah.

  1. Ruangan harus terpisah dari tempat orang dewasa

Anak-anak cenderung tidak suka bila terlalu banyak orang. Jadi desain ruangan praktek harus memiliki konsep yang aman bagi mereka yakni tidak menimbulkan kegelisahan.  Selain itu, anak-anak harus dijauhkan dari pasien dewasa sebab mereka masih sangat rentan untuk terserang penyakit.

Konsep Desain Ruang Praktek Dokter Anak

Untuk membuat ruang praktek dokter anak yang nyaman, sebaiknya para dokter anak memperhatikan beberapa asumsi dasar sebagai berikut.

  1. Pendekatan prilaku

Anak adalah makhluk yang memiliki pendekatan prilaku yang cenderung berubah-ubah. Oleh karena itu, visualisasi ruangan sebaiknya memiliki perbedaan warna dan pemilihan tema yang unik pada setiap ruangan. Misalnya, di ruang tunggu terdapat tema antariksa, di ruang tindakan terdapat tema olahraga yang disukai oleh anak-anak.

  1. Pendekatan kebiasaan

Anak-anak cenderung memiliki pola mengulang kebiasaan. Oleh sebab itu, berbagai tema pada dinding ruangan sebaiknya berorientasi simultan. Misalnya, bila pada ruang tunggu ada interior pesawat terbang, maka di ruang bermain juga ada interior serupa namun dengan nuansa berbeda.

  1. Pendekatan furniture

Anak-anak suka bertindak spontan. Oleh karena itu, demi menjaga keamanan dan keselamatan mereka, sebaiknya interior dan furniture yang dipilih terbuat dari bahan yang memiliki sudut tumpul. Lantai ruangan pun sebaiknya diberi alas sebagaimana area playground, sehingga anak tidak mudah terpeleset maupun terjatuh.

  1. Pendekatan tematik

Anak-anak menyukai banyak hal yang menurut mereka baru. Oleh karena itu, setiap tema ruangan yang diusung sebaiknya dilengkapi imitator visualisasi berupa interior permainan. Misalnya, bentukan interior harus bernilai estetis dan mengimplementasikan analogi benda-benda yang dapat ditemui sehari-hari seperti pohon, pesawat terbang, aneka robot, gambar kartun idola dan sebagainya.

Nah, bila beberapa hal tersebut sudah terpenuhi, bisa dipastikan ruangan kerja dokter anak akan menarik minat pelanggan karena merasa nyaman. Anak-anak  tidak lagi melihat dokter sebagai musuh. Begitupun, ruangan praktek pun akan mereka anggap taman bermain.

Semoga penjelasan kami mengenai desain interior ruang praktek Dokter anak ini bermanfaat bagi yang sedang ingin membuat sebuah klinik dokter anak. Jika Anda kesulitan merancang ruang praktek dokter anak, jangan segan untuk menghubungi kami selaku jasa desain interior di Denpasar untuk konsultasi desain maupun pembuatan furniture pada ruang desain praktek dokter anak. Berikut 13 gambar ide desain ruang praktek dokter anak yang dapat anda jadikan referensi. Selamat berkarya.

desain ruang praktek dokter anak

 

desain ruang praktek dokter anak

 

desain ruang praktek dokter anak

desain ruang praktek dokter anak

desain ruang praktek dokter anak

desain ruang praktek dokter anak

 

desain ruang praktek dokter anak

desain ruang praktek dokter anak

desain ruang praktek dokter anak

desain ruang praktek dokter anak

desain ruang praktek dokter anak

desain ruang praktek dokter anak

 

desain ruang praktek dokter anak