Unsur utama dalam gaya desain interior minimalis klasik adalah karakteristik yang sangat kental dengan tema klasik, dan unik yang sangat berbeda dengan konsep modern. Pemilihan warna umum untuk gaya desain interior klasik sering terinspirasi oleh alam, yaitu warna coklat tua, hijau tosca, hijau daun, coklat muda, putih tulang.

Gaya desain interior minimalis klasik merupakan salah satu model terbaru dalam desain interior sekarang ini ini. Desain interior rumah klasik berasal dari budaya Eropa, seperti Victoria dan Art Deco. Budaya Yunani dan Romawi juga merupakan inspirasi utama dari desain klasik.

Gaya desain interior minimalis klasik adalah gaya yang lebih halus, dikembangkan dengan konsep penuh detail yang diaplikasikan baik dalam struktur furniture, maupun dalam hal pencahayaan. Perabotan dalam interior bertema klasik dapat disebut sebuah “seni”  baik jenisnya, ukiran-ukirannyanya dan detail-detail hiasannya. Ukiran dan hiasan bisa berupa unsur bunga, sayuran, berbagai motif, atau adegan yang sering diambil dari sebuah legenda.

Contoh Model Desain Interior Minimalis Klasik