Dapur merupakan salah satu ruangan yang selalu ada di setiap rumah yang berguna untuk kebutuhan sehari-hari khususnya untuk kebutuhan memasak. Namun terkadang ada sebagian orang yang memiliki ukuran dapur yang tidak terlalu luas atau sempit dan haL tersebut terkadang menjadi suatu masalah untuk mereka. Karena biasanya dapur yang sempit akan terlihat berantakan karena kurangnya sisi ruangan untuk meletakkan berbagai peralatan dan perabotan dapur yang Anda miliki.
Sebenarnya itu semua bisa diatasi dengan tips dan cara menata ruang dapur sempit yang akan kami ulas kali ini agar terkesan lebih luas dan tidak terlihat penuh akan barang-barang atau peralatan dapur yang terlihat berantakan.

Baca juga: Tips menata sofa untuk ruang tamu

  1. Pertama untuk dapur yang sempit sebaiknya Anda jangan meletakkan lemari yang terlalu besar karena dapat menghabiskan sisi ruangan yang lainnya. Kalau bisa sebaiknya Anda memilih lemari yang multifungsi dimana lemari tersebut akan diletakkan di dalam bangunan dinding yang gunanya adalah untuk menghemat ruangan atau sisi dari ruangan dapur tersebut. Jika dalam satu rumah tidak terlalu banyak anggota keluarganya sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan peralatan dan perabotan dapur yang ada seperti banyak menggunakan piring dan peralatan makan lainnya gunakanlah setidaknya 5-10 piring untuk keluarga yang tidak terlalu banyak anggota keluarganya, Anda bisa menata dan meletakkan piring-piring tersebut di satu tempat yang telah tersedia seperti rak piring yang Anda miliki.
  2. Gunakanlah peralatan sebagai mana fungsinya jadi tidak terlalu banyak peralatan dan perabotan dapur yang Anda keluarkan dan yang Anda letakkan di ruang dapur Anda. Atau Anda bisa memilih lemari dapur seperti kicthen set sebagai lemari yang multi fungsi atau bisa juga Anda menggunakan penutup lemari yang transparan gunanya untuk memberi variasi agar ruang dapur sempit Anda terlihat lebih luas.
  3. Karena Anda memiliki ukuran ruangan dapur yang sempit, sebaiknya beri sedikit pencahayaan dengan memberi satu atau dua jendela yang letaknya bergandengan disini gunanya selain untuk memberi kesan lebih terang juga memberi ventilasi udara agar ruang dapur Anda tidak terlalu pengap dari segi udara yang ada. Gunakan pula perabotan dapur yang memberikan warna terang jika perabotan dapur yang ada di rumah Anda masih belum memberikan kesan warna terang Anda bisa mengecatnya dengan warna-warna terang dan lembut seperti warna putih.
  4. Pilihlah warna dinding dan warna lantai dasar yang tidak terlalu gelap gunanya adalah agar ruang dapur sempit Anda terlihat lebih luas dengan pemberian warna-warna yang terang di setiap sudutnya. Kalau bisa berikan motif yang tidak terlalu banyak atau yang simpel saja pada dinding dapur, agar dapur Anda terkesan lebih menarik walaupun memiliki ukuran yang sempit.

Desain dapur sempit tersebut bisa anda lakukan jika saat ini Anda memiliki permasalahan yang serupa. pada dasarnya cara mendesain dapur sempit di atas cukuplah mudah yang mungkin bisa Anda lakukan sendiri dengan bantuan 1 atau 2 orang saja. Namun, jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mendesain dapur sempit anda tersebut, Anda bisa menggunakan jasa desain interior di denpasar bali milik kami, yang siap membantu Anda untuk mendesain setiap ruangan di rumah Anda serapi dan senyaman mungkin.